saya dan si patner

May 29, 2012 § 16 Comments

ada yang bilang, dalam suatu hubungan, komunikasi itu penting. sedangkan yg lain bilang, tatap muka lebih penting. atau juga bilang, komunikasi dan tatap muka, keduanya sama penting.

saya sendiri menganggap keduanya penting ga penting. buat apa berkomunikasi bila isinya hanya ‘tanya-jawab’. untuk apa bertemu jika ga ada yg didapat.

oportunis? yes, i am. selain egois dan otoriter, saya juga oportunis.

sampelnya ada dalam pertemanan saya dan si patner ini. suatu kali di depan saya, si patner pernah bilang gini, “Gue emang gampangan, tapi gue ga murahan.” saya tertawa mendengarnya dan membalas, “Kebalikan dari gue. Gue ga gampangan, tapi yg jelas sekarang gue murahan.”

gam·pang·an a cak 1 lebih mudah: ~ berbicara dp bekerja; 2 tidak menuntut banyak syarat yg harus dipenuhi: orangnya sih ~ , tidak banyak tuntutan;

mu·rah·an a 1 tidak bermutu (tt barang): barang ini termasuk -, mutunya kurang baik; 2 cak lebih murah: harga-harga sekarang sudah agak – dp harga-harga pd tahun lalu; 3 cak gampang terbujuk atau gampang diajak berzina dsb: agaknya ia memang perempuan –; ~ via KBBI Daring

‘gampangan’ dan ‘murahan’. dua kata yg mirip artinya tapi beda maknanya (setidaknya buat kami berdua) dan bukan dalam konotasi menjurus-njurus negatif (secara udah gue pakein tanda kutip noh)

contoh kasus: kami berdua sedang sama-sama stres, sama-sama punya duit tapi bukan buat foya-foya (alias kere), tapi juga sama-sama haus hiburan (pengen beG4UL nongkrong gituh maksudnya), lalu tiba-tiba aja ada yg ngajakin nongkrong.

saya: sebelumnya saya akan nanya, mau nongkrong dimana? ngapain? sama siapa aja? kalo sampe malem ada fasilitas antar jemput ga? (maklum ga ada kendaraan, kalo malem angkot susah di jogja) ada faedahnya ga itu nongkrong? (minimal berfaedah ngilangin stres). kalo manfaatnya ga sampe separuh ya ga mau ikutan nongkrong. ga gampang emang ngajakin saya jalan.

trus murahan sebelah mananya kalo gitu? nah itukan dulu, kalo sekarang nanyanya cuma satu. DITRAKTIR GA? kalo iya, ayok. kalo enggak, ogah. murahan banget kan?! (HIDUP PENGANGGURAN!!)

si patner: asal dia lagi senggang. pasti mau. ga perlu diiming-imingin. ga perlu janji-janji surga. asal SEMUANYA PAS, pasti langsung oke. kalopun perlu dibujuk, itu pun ga susah. wong berantem besar trus diajak baikan pake Mc. Flurry aja udah kalem kok (kekekekekek..)

intinya, anaknya ga banyak nuntut. udah profesional ditindas dan jadi korban soalnya. ohya, dia juga gampang diracun, diracun isi otaknya. ga percaya? coba aja. trust me, it’s work!!

hubungan pertemanan bukan jual-beli, jadi ga ada hitungan untung rugi di sini. THAT’S A BULLSHIT!! kenapa?

bukan soal materi tapi soal benefit alias menguntungkan ato ga. di postingannya dia yg kapan tau itu, si patner pernah nulis kalo hubungan kami itu dibangun atas dasar simbiosis mutualisme.

Simbiosis mutualisme adalah hubungan langsung dan erat antara dua jenis makhluk hidup yang saling menguntungkan. Dua simbion yang hidup bersama saling mendapat keuntungan dari interaksi tersebut. ~ source from here.

si patner dan saya punya banyak perbedaan. dia anak psikolog tapi doyan curhat, saya anak hukum tapi hobi bikin ulah. dia main drama, saya menghindari drama. dia meletup-letup, saya kalem. dia lulus S2, saya S1 aja DO. dia penurut, saya pemberontak. dia lempeng-lempeng aja, saya kriminal kambuhan. dia biasa di-bully orang-orang, saya biasa nge-bully orang-orang.

kesimpulannya: dia bagian protagonis, saya bagian antagonis. hm.. walau kadang heran juga kenapa lebih banyak musuh dia dibanding saya. ohya, itu karena orang yg saya kenal lebih sedikit dari orang yg kenal dia (sebab musabab yg absurd).

tapi karena banyak bedanya itu makanya kita bisa jalan bareng. mungkin yg sama dari saya dan si patner adalah kami sama-sama hobi melihat masa lalu. walau caranya tetep beda, dia hobi nyimpen barang kenangan (yg banyak saya buangin pas bantuin dia pindahan) dan saya hobi nyimpen orang (yg sering dicela sama dia karena udah bertahun-tahun kagak move-on move-on juga).

*iris bawang*

ehem!! balik ke simbiosis mutualisme.

interupsi: tiba-tiba si adek nomer 4 masuk kamar. “Gue galau segalau-galaunya nih. Diajakin nge-date tapi kameranya dibawa sama mama.” (lemparin asbak)

okeh sampai mana tadi? simbiosis mutualisme. untung-rugi. benefit. profit. dari sejak kuda mainan besi sampe sekarang kuda udah diganti besi, hidup itu selalu berhubungan sama yg namanya untung-rugi. hanya caranya aja yg beda-beda. untung kudu sama-sama, rugi pun sama-sama. kalo mau enaknya sendiri, mending kilik-kilik kuping aja sono.

di suatu hari yg kurang kerjaan macam pengangguran (yes, we’re) saya dan si patner ngebahas apa yg bikin kita berdua tetep santai-santai aja temenan sejak dari pertama kali dikenalin (almost 5 years, right?!). padahal pernah berantem gede gara-gara cowok, cela-celaan sering, mulut juga sama pedesnya, saya keras kepala, dia kepala batu.

tempat tinggal juga ujung-ujungan (cuma sekali sama-sama tinggal di daerah yg sama, itu juga cuma berapa bulan), ada masanya malah beberapa bulan kita ga ketemu dan berkomunikasi karena sibuk dengan dunia masing-masing. tapi ujung-ujungnya balik lagi balik lagi (lah kok kayak orang pacaran yak?!) lalu apa yg bikin awet? berdasarkan analisis di hari kurang kerjaan itu, ini karena hubungan kami aling menguntungkan.

buat saya, si patner ini selalu punya ‘sesuatu’ yg bikin otak diagonal saya muter, mikir. adaaaaa.. aja kelakuan ato cerita yg dia sodorin tuk dibahas (lebih sering sih dicela), mulai dari hubungan percintaannya, hubungan pertemanannya, hubungan keluarganya, sampe hubungannya sama si dosen. sedangkan buat dia, dia dapat ‘pencerahan’ dari hasil olah otak kriminil nan diagonal saya. apa gue bilang, gampang diracunin kan anaknya?! (digebuk)

bahkan, yg bikinin jurnal online (alias blog) saya yg pertama pun (yg sekarang sudah ditutup) adalah dia. walau kebelakang-belakangnya lebih banyak dia yg nanya ke saya. menguntungkan bukan?

sekarang, saya dan si patner lagi beda kota. terakhir ketemu bulan lalu (yg ujung-ujungnya dia minta dibacain kartu tarot dan saya dapet upeti ditraktir. yes murahan bukan?!) terakhir sms dua ato tiga hari lalu (lupa pasnya kapan, kontennya juga lupa.) terakhir email-emailan kemarin malam (yg isinya dia minta diracun. *see?!) terakhir mensyen-mensyenan sebelum tulisan ini dibuat (dia bilang butuh ngobrol dan saya ketawa geli).

kemarin, panggung si patner ultah yg ketiga. lalu tadi saya bongkar arsip lama dan.. VIOLA!! saya menemukan sesuatu. jadi patnerku, selain tulisan panjang nan absurd tanpa ujung pangkal di atas, this is a other present from me..

double klik tuk melihat lebih jelas

~ original source from here.
yg kalo diklik pun pasti muncul page load error,
ga guna ye gue ngasih source.

hm.. dari dulu ternyata dia memang sudah jadi filsafat galau nan de-ra-mah.

*ngibrit sebelum habis dicacah yg bersangkutan*

~salam~

§ 16 Responses to saya dan si patner

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading saya dan si patner at pethakilan.

meta

%d bloggers like this: