the alchemist – paulo coelho

September 15, 2011 § 6 Comments

tau buku The Alchemist-nya Paulo Coelho? buku lama itu, pertama terbit di sono aja tahun 1988 dan terbit di sini sekitar tahun 2005-an *kalo ga salah*.

saya pertama kali tau buku ini dari kakak angkat saya, dia yg nyuruh beli. alasannya? dia mau baca ulang soalnya *tabok si kakak* dan dengan ‘polos’nya saya terhasut membeli *dasarnya emang elo yg bego Kil*. tapi ga nyesel beli nih buku, banyak hal yg saya dapet dan pelajarin.

bahkan ada masanya saya membawa buku ini kemana-mana tuk bolak-balik dibaca ulang. ga bosen-bosen. sampe kakak angkat saya bilang, itu buku udah jadi kitab suci saya saking seringnya saya baca, bahkan sampai hapal isinya *maklumin aja kakak angkat saya itu aslinya pekerja film dengan genre sinetron, jadi suka berlebih*.

bercerita tentang perjalanan seorang anak gembala bernama Santiago yg pensiun jadi pengembala gegara dapet mimpi soal harta karun di bawah Piramida Mesir. buat sinopsis komplitnya ngeguling aja yak, banyak tuh dimana-mana #cucitangan.

gara-gara buku ini saya jadi ngebayangin seandainya saya bisa ketemu Si Raja Tua. ga persis pengen ketemu Si Raja Tua-nya itu sih, hanya ketemu sama seseorang yg bisa nunjukin ke saya untuk apa sih sebenernya saya eksis di dunia ini *sigh*, ya kayak Si Raja Tua ini nunjukin hal tersebut ke Santiago.

“Everyone seems to have a clear idea of how other people should lead their lives, but none about his or her own.” ― Paulo Coelho, The Alchemist

saya setuju banget sama kata-katanya Mr. Coelho ini. banyak dari kita *jelas termasuk saya* lemes banget mulutnya kalo lagi ngasih tau orang lain kudu gini kudu gitu, padahal kalo dipraktekkin ke diri sendiri mah nonsense, nol besar. hah!! saya pengen deh ga lemes mulut lagi. mulai belajar lagi nih tuk ngejawab “terserah, itu kan hidup lo, elo yg ngejalanin. apapun yg orang kasih ke elo buat solusi tetep ujung-ujungnya kudu elo yg mutusin kan?! toh sebenernya lo udah tau solusinya, cuma minta didukung aja.” di saat ada yg nanya “menurut lo gimana?”.

disclaimer, sebenernya ini hanya salah satu cara saya agar ga ada orang yg mencampuri hidup saya lagi. dengan saya tak mencampuri hidup mereka maka mereka jadi tidak punya hak tuk mencampuri hidup saya. logika yg saya pake bener kan?! *eaaa malah minta pendapat*

haish.. jadi ngelantur. ya gitu deh, baguslah pokoknya nih buku. salah satu buku yg berpengaruh ke pola-pikir saya. disarankan tuk dibaca, sepuluh jari jempol semua dah. banyak hal-hal yg bikin ‘sadar’ pas ngebacanya entah pas kelar baca apa masih inget soal ‘sadar’nya itu ato ga. mau baca ulang ah.

kalo kamu, buku apa yg berpengaruh ke pola-pikirmu?

*bongkar rak, baru sadar kalo nih buku goib dari rak buku*

note: cover buku disabotase tanpa ijin dari sini.

~salam~

Tagged: ,

§ 6 Responses to the alchemist – paulo coelho

  • yustha tt says:

    gw udah baca. pertama dapet pinjem. kedua beli. biz itu buku dipinjem ponakan, dan kebocoran di kamarnya. buasaaah. >_<

    #ho'o, org curhat itu seringnya cm butuh penguatan, wong kdg yen dikandani yho mental

    ~~~~~~~
    yo ancene org curhat yo ngono mbak #pengalamanpribadi
    yg ngeselin lbh ke org2 yg komentar tanpa diminta itu #sotoysayah

  • Putri Rizkia says:

    pernah baca kata-kata ini ..
    “terserah, itu kan hidup lo, elo yg ngejalanin. apapun yg orang kasih ke elo buat solusi tetep ujung-ujungnya kudu elo yg mutusin kan?! toh sebenernya lo udah tau solusinya, cuma minta didukung aja.”

    *cek sms ah*

    eh bukunya bagus yakk beneran…

    ~~~~~~~
    jelas lah pernah, lo org kedua yg gue gituin😛
    honestly, standar bagus enggaknya sih tergantung yak, tp buat gue ini buku beneran bagus, bukan boongan..

  • Zippy says:

    Tebel bukunya berapa halaman?
    Kalo udah 400’an halaman, gue nyerah deh.
    Gue gak kuat baca buku lebih dari segitu, ahahaha….😆
    Iya juga sih, kadang banyak teori yang kita berikan, tapi ujung2nya kita sendiri gak bakalan bisa seperti itu, ahahaha…
    Teori dan praktek gak sejalan😆

    ~~~~~~~
    ga nyampe kayaknya, sekitar 200an halaman doank. tipis kok bukunya.
    bukunya mr. coelho yg paling tebel cuma the zahir, itupun ga nyampe 500 halaman.
    iya, makanya ada istilah das sein n das solen, kalo semua sejalan ga mungkin sampe ada istilah kayak gtu.. hehhehehe

  • eyha4hera says:

    neng, add fb aku dong..soalnya aku kaga tau fb kamu apaan…
    boleh yahh ?

    # pasang senyum paling manis yg pernah aku milikin :p

    ~~~~~~~
    nang neng nang neng, emang daku tiang klenengan
    hahhahaha
    mau buat apa fb ku ra?
    huayoooo..
    daripada fb yg jarang di sentuh, gimana kalo YM aja?

  • adizone23 says:

    belum pernah baca buku the alchemist, belum pernah lihat, belum pernah…
    #kacian saya ya…

    honestly, saya sebenarnya tidak penggemar novel… gak suka ama yang tebel2…hehe
    but terakhir baca novel “5 cm” pas lagi ngerjain skripsi… alhamdulillah novel 5 cm ada sedikit membantu saya tetep semangat…

    ~~~~~~~
    moso’ sih belum pernah liat? jadi curiga kalo padang itu jangan2 masih belantara hehehehe ^^V
    sini kirimin alamat, kalo ada rejeki ku kirimin *tumben baek kil*
    alkemis ga tebel kok, tipis banget dgn hurup gede2, kalo dibanding ma harry potter last book mah alkhemis udah kayak cemilan kacang goreng..
    5cm jg bagus tuh, aku paling suka pas mrereka ndaki ke semeru #ngiri
    walo sayang tuk endingnya terlalu sinetron #nooffsense

  • Bas says:

    Apalagi kalau baca buku ini yang ada opening saat sang alkemis membaca cerita tentang kisah Narcissus, memang secara keseluruhan ini buku ga ada bosen-bosennya dibaca berulang, rrrrr awesome deh

    ~~~~~~~
    wah itu pasti lebih keren lagi, walau pastinya saya bakal butuh teks terjemahan buat ngartiin kata2nya hehehe..
    tul, top bgt emang nih buku..

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading the alchemist – paulo coelho at pethakilan.

meta

