kayaknya ga perlu jauh-jauh deh liat gajah di kebon binatang, wong di pelupuk mata juga ada tuh..

February 27, 2011 § 9 Comments

dulu ada masanya, saya kira dunia maya itu beda ma dunia nyata. ada batasan-batasan tertentu sehingga antara maya-nyata tidak bisa saling bersinggungan, apalagi untuk konteks ‘rasa-suka-taksuka’.

dua tahun lebih saya jalan-jalan dan nulis di jurnal online a.k.a blog, ga pernah saya kesel ma orang hanya gara-gara tulisannya *walaupun itu tidak berlaku kebalikannya, banyak yg kesel ma saya gara-gara apa yg saya tulis #andidontcare #disepaktakraw*.

itu karena saya tidak ambil pusing dengan apa yg ditulis orang, tidak punya sentimen pribadi dengan orang-orang tersebut, tidak ada kewajiban mengenal secara nyata siapa sosok dibalik layar tulisan *sekarang juga masih ga wajib sih, kopdar itu hanya doyan bukan wajib*.

buat saya yg penting hasil tulisannya, mau orangnya teret-jungkir-balik-beguling di dunia nyata, saya mah ga perduli. tulisan bagus tapi orangnya ga bagus, ah peduli amat. ibaratnya seperti saya jijik mampus sama ahmad dhani tapi doyan parah ndengerin lagu-lagunya dewa19 *dewa19 loh, bukan kroco-kroconya mr. dhani yg laen*.

tapi sekarang, pemahaman itu mulai bergeser. memang ga banyak tapi signifikan. saya mulai ga obyektif menilai hasil karya orang lain, mulai ada tendensi rasa suka (ato ga suka) di dalam penilaian. apa itu salah? menurut saya sih enggak, toh saya bukan juri #dijorokinkeselokan. hanya saja itu mengganggu proses belajar saya untuk melihat banyak sisi *kapan-kapan bakal diterangin maksudnya, kapan-kapan loh*.

contoh saja. dulu saya ga kenal si M, saya hanya sering iseng baca tulisan-tulisannya, cukup bersimpati karena sepertinya dia mahkluk yg sungguh terdzolimi karena bla bla bla bla. lalu ternyata si M adalah saudaranya si L yg temenan sama si A dan si F. si L pun bercerita kalo tulisan-tulisan si M adalah kebalikan dari kenyataannya *kejadian tahun lalu dibilang kemarin*, hanya melebih-lebihkan apa yg terjadi , ato membuat seakan-akan dia adalah korban kekejaman dunia padahal dia aja yg sok pasrah. cerita yg si L sampaikan pada si A dan si F, disampaikan lagi oleh si A pada si P, yg mana si P itu adalah saya *salahkan fenomena dunia sempit dan adat istiadat bergosip, jangan salahkan saya, saya polos tanpa dosa*.

ah.. ternyata si M munafik, manis di depan busuk di belakang, menghasut massa di depan tertawa-tawa di belakang. dan semakin saya perhatikan tulisan-tulisannya semakin lama semakin menunjukkan kadar kemunafikannya *lah ya wong saya ngerti cerita aslinya dan tau apa yg dia tulis itu semua bohong*. nah ini nih yg saya ga suka, saya tau behind the scene tulisan, mending kalo cocok sama yg ditulis, lah ini jungkir balik bedanya. dan ada satu hal lagi yg ga saya suka *ini imbas dari ketidaksukaan yg pertama sebenernya*, saya jadi tau mana yg beneran maling, mana yg beneran korban, dan mana yg maling teriak rampok. ah.. salah sekali bila saya tau, saya lebih suka bila tidak tau.

jadi wajar donk pemahaman saya bergeser. ternyata dunia maya itu adalah tempat menyerang secara tidak langsung apa yg tidak bisa diserang secara langsung di dunia nyata. yaaa.. walau sebenernya ini kasualistik sifatnya *dan huraay saya melakukannya juga.. #ihdaridulujugabegitu*

hm.. kalo kata kakak saya, ga perlu deh berkoar-koar larang ini-itu di depan banyak orang padahal diri sendiri masih ngelakuin (dan dengan kondisi lebih parah pula). ga perlu juga deh keGRan segala macem pake nuduh ini-itu di depan banyak orang ga pake bukti, sebelum nuduh coba donk ngaca dan tanya, jangan-jangan malah diri sendiri yg sakit jiwa *kalimat kedua itu tambahan dari saya, hah belum pernah ngerasain saya tampar atas-bawah ya?!*

*ini disclaimernya, jadi saya ga nerima komplain yak*
ohya, sekedar tambahan. mungkin ada yg bingung dengan caranya saya menggambarkan sosok si M, maafkan saja, masalahnya saya ga bisa menyebutkan nama asli apalagi pake link, walaupun ingin sangat. saya hanya ga ingin orangnya keGRan trus berkoar-koar sudah saya tampar atas-bawah padahal seujung kuku pun belum saya grepe-grepe. dan maaf bila pengambaran saya akan sifat sosok si M juga agak sedikit rancu dengan sosok-sosok yg lain. maklumi saja *kudu maklum lah wong ga boleh pake link*. jadi, tolong tulisan ini disikapi secara bijak saja saat kamu merasa sebagai si M, yakinlah bukan kamu orangnya, tapi si M orangnya. hehehehehe..

*pengakuan di balik bilik dosa*
sebenernya saya mau bilang langsung sama yg bersangkutan (si M), tapi ga boleh karena dapat berimbas pada kredibilitas si penggosip (si A) di dunia pergosipan baik maya maupun nyata. jadi, yaaa gitu deh, bikin pengen makan bakso..

~~~~~~~
salam pethakilan

Tagged: , ,

§ 9 Responses to kayaknya ga perlu jauh-jauh deh liat gajah di kebon binatang, wong di pelupuk mata juga ada tuh..

  • liamareza says:

    wordpress ada inbokna gak toh? kirim mesage yah nek gak bole dishare hehhee…*penasaran+geregetan masa ada si begituan…hmmmm

    ~~~~~~~
    *bongkar2 wp nyari yg namanya inbox*

  • bintang says:

    Love this one.
    Love plus plus.
    Love bangeeeetttt.
    *berasa ada yang bantu mengungkapkan isi hati #oouuccchhh

    ~~~~~~~
    kisah nyata dot com ya??
    mau donk diceritain
    via inbox juga boleh..
    hehhehehhehe

  • bintang says:

    uda ketemu yak inboxnya 😆
    maap saya biz bongkar2 postingan lamamu.
    Terbawa suasana:mrgreen:
    Tapi males komeng.
    Orang saya cuman mw baca doang ga mw komeng.
    *serem takud disepak takraw

    ~~~~~~~
    saya hanya nyepak org2 tertentu kok,
    sepanjang kamu bukan si M semua aman.. hahahaha
    baca lah baca, satu tulisan 500 yak *ngerental*

  • jadi pengen makan di burjo
    ariiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii sini tak pentung pala mu
    *kangen*

    ~~~~~~~
    eits awak udah tengok duluan, jadi tak kena lah..
    hahahhahahaha
    awak kangen ‘tegok’ mu itu kak..
    cepat pulang ke jogja lah kak
    *loh?!*
    ntar klo awak ke jakarta dijamu yak
    *eh rumah sendiri kok minta dijamu*

  • mau jamu apa deeek?
    jangan kow bilang jamu kuat ya

    ~~~~~~~
    jamu bersih kepala ada kak?

  • kopral cepot says:

    mulai pake rasa …. rasa gajah😆

    ~~~~~~~
    T.H.A.I.L.A.N.D!!

  • yustha tt says:

    ahahahahahaha….ngakak deeeeehhhhh……

    ~~~~~~~
    knp mbak ngakak?
    pengalaman pribadi ya??
    hehehhehehe

  • mylitleusagi says:

    akiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii
    ini kenapa jadi kaya bahasan kita waktu itu ya…
    tapi pas gw liat februari..
    bulan..bulan itu kan kita blum kenal ya..😀😀

    *lanjut gerilya lagi….makin cinta ama aki :P”

    ~~~~~~~
    no comment..
    tapi gue cuma mau bilang, ini beda orang gi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading kayaknya ga perlu jauh-jauh deh liat gajah di kebon binatang, wong di pelupuk mata juga ada tuh.. at pethakilan.

meta

%d bloggers like this: