etika perpinjaman

February 9, 2011 § 1 Comment

hahahaha.. ghuayanya saya nulis judul begitu. efek kebanyakan begajulan sama skripshitweet tentang etika kali yak *berubah jadi bajaj, ngeles*. ada apa ujug-ujug nulis tentang begituan? ga ada apa-apa yg ngeganjel sih, cuma pengen share salah satu pengalaman hidup seperempat abad menjadi manusia aja *hiaaa ghuya meneh*. dan ga ada maksud mengurui soal apapun.

boleh percaya boleh enggak, bergaul dengan manusia itu lebih susah daripada bergaul dengan Tuhan. ga percaya? ya ga masalah, itu kan cuma menurut saya aja😛

patner saya pernah share soal ‘bermain yg alus’, sekarang saya mau share antara korelasi temen dan pinjem uang *uhuk*. walau saya bukan tipe orang yg ribet soal uang, ga itung-itungan. tapi bukan berarti kalo ada utang ga dibayar trus saya ga ngamuk *lo kira gue napas duit ape?!*. lagipula ngutangin itu salah satu bentuk investasi toh?! *bah, logika dari mana pulak itu*.

sepanjang saya berkelana di dunia persilatan pinjam-meminjam antar temen, ada beberapa tipe peminjam yg saya temuin *tuk tipe-tipe lain, mungkin ada tapi kita belum kopdar jadi saya ga tau*.

  1. sekte belagak, ini aliran paling jamak di dunia persilatan pinjam-meminjam, belagak ga punya utang. tiap ketemu pasang muka polos tanpa dosa utang. entah lupa ato belagak lupa, yg jelas bikin ngamuk saban kantong udah waktunya diisi.
  2. sekte cuma-inget, adalah yg paling unik menurut saya. kenapa? karena saban kopdar sama makhluk kayak ini, si makhluk bakal selalu mengingatkan bahwa dia punya utang tapi ya hanya sebatas itu, bayarnya mah ntar nunggu disuapin kursi panjang dua biji.
  3. sekte on-time, jujur saya seneng banget sama tipe model kayak gini *semua juga doyan kale kalo ada yg utang bayarnya ontime*.
  4. sekte nembak, tar ter tor, ntar ntar ntar mulu jawabannya, saban ketemu-sms-tlp minta tambahan waktu ngelunasin, sampe err.. entah kapan. mending diikhlasin dah kalo yg diutangin ma yg model gini *asal ga gede-gede amat tapi*.
  5. sekte barter, yg ini bayar utangnya pake barang. macem-macem aplikasinya, bisa bayarin makan, beliin rokok, ato apapun yg kebetulan bisa ditalangin. ini yg biasa saya dan patner saya pake.
  6. 6. sekte ga-ada-uang-kecil, kalo ma yg ini saya rodo salut, alus banget cara ngutangnya. duit utuh hidup terjamin cuy. kalo ada yg mau ngutang pake cara ini, siap-siap tembok malunya ditebelin yak.
  7. sekte ngecer, pas minjem langsung gede jebret tapi jangan tanya waktu bayarnya, bisa kayak orang ngelunasin rumah dengan jangka waktu sepuluh taun, dicicil, sayangnya ga pake bunga.
  8. sekte ngelunjak, korelasi antara cara pinjam dan cara bayarnya berada di level paling tinggi ngeselinnya serta ditambah efek samping setelah ditagih. nah buat yg ini saya mah cuma nyiapin setumpuk kalimat-kalimat ‘tertentu’ dan lima set meja dan kursi panjang disaat menagih utang *serta setumpuk pembalasan tuk jaga-jaga bila ada efek samping dari lima set meja dan kursi panjang itu*.

beberapa waktu lalu, saya kena didoggystyle alias ditusuk dari belakang *ouch maap saya normal*. apa sebab pulak saya didoggystyle? karena utang. hm.. gimana ya ngawalin awal sebab musababnya? err.. singkatnya gini, dipertengahan bulan ada temen yg pinjam uang sampe rela-rela naik ke lantai tiga untuk ngambil uangnya dan janji akan dikembalikan tanggal 25 disaat dia gajian. alasannya dia pinjam? dia ga megang uang sama sekali. dia pinjam berapa? diawal dia minta 250, tapi saya cuma punya 150, dan diakhir kita deal dia pinjem 100 *ini urat tau-dirinya ga kesambung apa yak?!*. tanggal 26 si temen masih belum membayar. boro-boro bayar, ngabarin aja kagak *padahal saya tau banget kalo dia udah gajian, langsung cek-in di hugos semalem suntuk euy*. tanggal 27 pagi saya sms dia, ngamuk *duit sisa 6500 dikantong, beli rokok aja ngeteng, gimana ga ngamuk*.

si temen berkelit macem-macem, saya ga perduli karena alesannya ga ada yg logis *heeey saya orang paling logis, sudah diakui, bersetifikat kecuali tuk masalah percintaan* saya hanya perduli dengan kata-katanya diawal saat ngutang dan buat saya janji adalah janji. walo akhirnya dibayar tapi saya tau pasti, si temen sakit hati. dan saya ga perduli #kenasepaktakraw. ending cerita pun kalian udah tau, saya kena didoggystyle. dan seperti efek domino, saya membalas, dengan alus dan lebih kejam *siapa suruh main-main ma iblis* *tanduk tambah lancip*. nah, ini yg saya maksud sekte ngelunjak.

uang, bisa membeli ato menghancurkan pertemanan. tapi bisa juga tidak memberikan efek apa-apa. buat saya dan si patner, uang itu ibarat baju, cuma tuker-tukeran posisi antara dompet saya, dompet dia, dan segala macem tukang jualan itu.

temen sih temen, tapi mbok yao cukup tau diri kalo minjem duit. jangan karena minjem ma temen jadi ga memenuhi rules dunia perpinjaman. begitu juga buat yg minjemin, kalo potensial ga dibayar yaaa ga usah dipinjemin, daripada ujung-ujungnya terjadi pertumpahan darah dan kehancuran masal *kisahnyatadotcom*.

sifat manusia emang beda-beda dan perlu kadar toleransi yg cukup buat ngadepinnya. tapi ini berlaku buat kedua belah pihak, kalo cuma sepihak mah namanya pihak yg satu lagi minta digebukin.

so, kalian termasuk sekte yg mana?

yg digulung itu boleh pinjem dari sini.

~~~~~~~
salam pethakilan

Tagged: , , ,

§ One Response to etika perpinjaman

  • mylitleusagi says:

    *kasih tangan ngajak salaman*
    makin ngepen ama si aki

    bener banget ki..
    suka gondok sama bagian pinjem meminjem ini
    minjemnya mulutnya alus benr
    pas bayar..udah kaya orang mau minta sedekah..
    kita yang minjemin..kita juga yang capek minta uangnya di balikin

    ~~~~~~~
    makanya para bank2 itu ampe make debcollector jg karena ini kali yak

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading etika perpinjaman at pethakilan.

meta

