ayo mainkan playlistmu di wordpress

December 14, 2010 § 2 Comments

*wah kayaknya bakalan panjang dan nguras bandwith nih postingan.*

sebenernya ada banyak cara yg bertebaran di om guling tuk masang lagu di wordpress, dari yg nolong, ga jelas, sampe yg cuma nyampah. apalagi banyak juga situs-situs yg disaranin buat ‘ngebantu’ pasang lagu di wordpress ato di blog-blog sejenisnya. setelah guling-sana-guling-sini-kombain-sana-kombain-sini akhirnya saya dapet juga mana cara dan situs yg pas buat naro playlist. as u see *and hear*, saya sih lebih ceklik pake soundcloud. simpel dan storage-nya lumayan lama, dua jam.

lalu dan lalu, saya ingin berbagi..

so, karena eh karena saya pakenya soundcloud jadi tutorial yg mau saya post disini adalah ya pake ‘alat bantu’ soundcloud. hehehehe.. here step by step you beibeh..

1. bikin akun dulu di soundcloud yg ini ga perlu diajarin kan caranya?? ato log-in kalo uda punya.

2. setelah masuk Dashboard, klik Upload & Share.


3. pilih Choose File tuk ngupload dari kompimu atau REC tuk ngerekam suaramu yg ciamik *hadeeeh*. kalo lagu yg kamu mau uda ada di soundcloud, bisa langsung loncat ke step nomer 14.

4-10. tunggu proses upload dan transcoding-nya kelar. sambil nunggu kamu bisa tinggal tuk bikin kopi masukin Title, Image, Description, Type, Genre, dan Tagnya. kalo kamu mau lagumu bisa didownload orang lain, tanda centang di Advanced Setting >> Download Enabled harus di klik. setelah kelar semua lanjut di Save. buat note aja, kadang kalo kolom Title-nya belum dapet permalink, dia suka ga mau nge-save.

11-12. setelah upload dan transcoding-nya full biru-orange alias kelar, proses lanjut ke Share. tuk bagian ini boleh aja di skip *like me*.

13. kelupaan bikin nomornya dalam wujud gambar *dijumroh*.

14. ntar keluar tampilan kayak gini, trus kamu klik itu button yg tulisannya Share, setelahnya akan keluar pilihan mau share kemana, kalo pake di wordpress ya di klik button wordpress-nya.

15. nah dapet deh tuh link html buat masang itu lagu, tinggal klik-kanan-copy. ato kalo kamu pengen dimacem-macemin playernya ya tinggal kamu klik itu yg biru-biru.

16. pilihan customize-nya tuk Color, Comment, dan Autoplay. pilih, pilih, dan pilih, lalu klik-kanan-copy-link-html yg saya blok abu-abu itu.

17. oke, sudah dapet link html-nya maka kita tinggalin dulu soundcloud-nya *ga perlu ditutup* kita menuju ruang angkasa akun wordpress yg kita punya. setelah log-in masuk ke Apperance >> Widget >> Text, isi Title-nya dan klik-kanan-paste-link-html yg tadi di ruang kosong Text. lalu Save.

tadaaaaaaa ini hasilnya..

ini ga cuma satu lagu yg bisa dimasukin loh, bisa banyak, ya maksimal bisa muter dua jam tanpa ngulang. tapi harus dimasukin ke Set dulu. caranya? ayo kita lanjut ke halaman dua sambil balik ke soundcould.

Page: 1 2

Tagged: , , , ,

§ 2 Responses to ayo mainkan playlistmu di wordpress

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading ayo mainkan playlistmu di wordpress at pethakilan.

meta

%d bloggers like this: