mengerti? dimengerti?

February 29, 2012 § 9 Comments

YATTA!!

saya balik lagi kemari dan saya mau ngela’cur pikiran. bukan ngela’cur a.k.a NGELAporin CURhatan kemana dan ngapain aja saya sepanjang ngilang kemarin *itu mah ntar-ntaran aja ceritanya* tapi mau la’cur yg lain.

jadi beberapa hari kemarin, si otak yg diagonal ini saya ajak tuk mikir #yakaleeotaklobisadiajakmikir #bisaajakalee #kalogaseringsering

mikirin apa? pertanyaan pintar. mikir soal apa itu yg namanya mengerti-dimengerti. kudu ga sih. seberapa perlunya kedua hal itu. pentingkah. wajibkah. ato apa. segala yg berhubungan ma ngerti-ngerti itu deh.

disuatu sore di dalam restoran cepat saji di tengah hujan badai, kami bertiga; saya, si patner, dan kekasihnya, dengan semena-menanya saya seret tuk ngebahas hal ini daripada si otak kasian mikir sendiri. macem-macem pertanyaan dan pernyataan dikeluarin yg mana ga semua gue inget itu apa aja yg dibahas padahal sengaja dibahas buat bahan postingan.

kekasih si patner ada bilang gini, “kalo semua orang mau mengerti, ndak perlu lagi sampe ada orang yg minta dimengerti.” bener juga apa yg dia bilang, nah masalahnyaaa.. apa dunia seidealis itu? apa orang-orang semurah hati itu? MENURUT NGANA?!

satu hal yg saya paham sebelumnya, tuk bisa mengerti orang lain kita butuh alasan mengapa dia seperti itu. kenapa dia ngelakuin ini. kenapa dia ngelakuin itu. mengapa begini mengapa begitu -lah kok jadi kayak judul buku ensiklopedia anak jaman dulu yak? ada yg tau? #ilangpokus ah intinya gitu deh, tuk paham kudu ngerti dulu.

tapi, tapiii.. manusia itu kompleks kan yak?! apalagi cara berpikirnya cara pandangnya. belum lagi kalo lagi kumat labil. ya toh?! ya toh?! si mama saya aja, yg kenal anaknya dua puluh tahun lebih banyak, sering banget ngomong “mau kamu apa sih?! mama GA NGERTI!!” dan saya sendiri juga ga ngerti mau saya apa #baiklahsayaakuisayamemanglabil #maklummasihumurpubertas

see?! gimana caranya proses saling mengerti ini bisa terjadi kalo diri sendiri aja bisa ga ngerti apa yg terjadi di dirinya #ahbahasaguebelibetamatdah

banyak kan tuh di luaran sana, para couple berantem hanya karena yg cewek maunya ini eh yg cowok ngertinya si cewek maunya itu. macam Mawar dan Marwan #okehyginibisadiabaikan ato si ortu pengen anaknya kuliah ambil jurusan yg A eh si anak ngotot mau masuk jurusan B, dengan alasannya masing-masing.

misscommunication kah?! belum tentu juga. toh ada hal-hal yg walo sudah di-KOMUNIKASI-kan, hasilnya tetap NOL BESAR. karena apa? ya apalagi kalo bukan karena minusnya faktor pengertian itu #aihsedapthakilbahasanye #dikeplak

ato contoh lain, kalian ada di suatu kondisi yg ga-ngerti-deh-gue-kenapa-tuh-orang-ngelakuin-hal-itu, yaaa.. semacam yg butuh duit itu yg miskin kok ya yg korup malah yg kaya #eaaa #jadinyerempetnyerempetdeh

dan berdasarkan hasil survei (versi saya tentunya bukan versi LSI) walopun mereka bilang lebih baik saling mengerti daripada cuma mengerti ato dimengerti aja, sembilan dari sepuluh subjek survei menjawab lebih pilih dimengerti daripada mengerti. dan satu subjek sisanya milih abstain gegara dia beralasan bahwa aslinya dia itu asosial *sekilas info: doi lebih milih tinggal di kuil jadi biksu daripada hidup dengan segala kemewahan yg doi punya*

so, kesimpulan yg saya dapet setelah mikir adalah; #CMIIW

SATU, masalah mengerti-dimengerti itu penting tapi bukan karena penting jadi wajib alias kudu alias harus alias mesti. karena kalo menurut saya MENGERTI-DIMENGERTI ITU SERIOUSLY GA WAJIB walo penting, semacam kayak mau-ga-mau gitu deh #mulaigajelas

lalu apa alasan kenapa jadi mengerti-dimengerti itu penting tapi ga wajib? auk dah, belum nemu apa alasannya #dikeprukesbalok

lagian, ngertiin orang tuh susah loh, beneran deh, butuh pemahaman mendalam. dan secara ini katanya negara demokratis, maka kita ga boleh memaksakan kehendak, termasuk memaksakan kehendak kita tuk ngertiin orang lain #soundswrong

DUA, karena ngerti tuh ga wajib maka CUKUP MAKLUM AJA YG WAJIB. dengan memaklumi segalanya, maka ga ada lagi hal-hal ato orang-orang yg bisa bikin diri jadi merasa ‘terganggu’ dalam konteks apapun. analogika saya sih, untuk ngerti kudu maklum dulu, tapi untuk maklum ga kudu ngerti dulu .

TIGA, sebelumnya saya bilang tuk bisa mengerti orang lain kita butuh alasan mengapa dia begini-begitu. nyatanya itu ga cukup karena HIDUP ITU TERGANTUNG, CASE PER CASE. semuaaaaaanya serba tergantung, tergantung kasusnya apa, tergantung siapa yg dihadepin, tergantung sikonnya macam mana, tergantung ini, tergantung itu.

dan terakhir, tergantung juga apakah lo bisa nerima ato ga alasan mengapa dia begini-begitu. jadi tuk nomer SATU dan DUA pun penerapannya tergantung. sama halnya dengan hasil mikir ini pun tergantung, cocok buat saya belum tentu cocok buat kamu. yaaa.. namanya juga hidup itu tergantung #disodorinketianggantungan

tiga kesimpulan yg saya sodorin ke si patner dan kekasihnya serta ke kalian ini, masih belum final, masih debatable, dan masih versi 0.3beta. so, kalo ada yg mau ngobrak-abrik silahkan aja.

pas mau balik secara hujannya juga udah berenti, si kekasih patner sempet ngomong, “kalian ini pemikir-mikir hebat yah,” jeda beberapa detik “kek begitu aja dipikirin.” errr.. sometimes, tampaknya kekasihnya si patner ini memang perlu disuapin asbak rokok yak walo dalam kepala jadi mikir (lagi), iya ya kenapa beginian aja dipikirin sih?!

fuh!!

ini nih akibat kepala isinya cuma kontemplasi sepotong-potong, cara mikirnya dan output-nya jadi ga komplit. jadi kalo ga ngerti apa yg saya tulis di sini, wajaaar.. ga usah dimengerti, cukup dimaklumi aja. namanya juga yg punya jurnal otaknya diagonal. ga bisa dimaklumi juga? udah dibakar aja laptopnya terus abunya dicampur sama air lalu diminum deh #kabursebelumgantiandibakar

btw, semua ini berawal mula gegara ada seorang kawan terus-terusan nanya apa alasan saya ngambil keputusan untuk pindah kota, dan meluncurlah sepotong kalimat ini dari mulut saya sebagai jawaban, “gue ga minta lo tuk ngertiin gue. jadi tolong berenti nanya tentang alasan-alasan dari keputusan yg gue ambil. ngerti?!” <= baru nyadar ini absurd banget kata-katanya.

*keretekin tangan kelamaan ga nulis panjang dan tetep masih ga ngerti mau dimengerti ato ga*

~salam~

About these ads

Tagged: ,

§ 9 Responses to mengerti? dimengerti?

  • liamareza says:

    emmm…pada dasarna tiap manusia itu ingin dimengerti, baik sadar ato tidak, dengan dia hidup ada tendensi itu. kedua, ketiga, keempat dst gak tauk huaaaahahahaaa….*mabokcat

    ~~~~~~~
    iyo, tenang ae..
    maklum kok aku kalo kamu lagi curhat pengalaman pribadimu..

  • bhiberceloteh says:

    bah! aku pun pernah nih bertanya-tanya seputar urusan mengerti-dimengerti.
    Waktu itu di otak aku pertanyaannya kek gini :
    “Sejauh mana kita harus mengerti, sebelum kita bisa menuntut untuk dimengerti?”

    Naah masalahnya, aku pun belum ketemu jawabannya, malas pulak aku mikir dalem-dalem soal ini, takut ga kuat otaknya, korslet, gila nanti aku!

    jadi coba pertanyaan aku tuh dimasukkan dalam topik perbincangan berikutnya dengan partner kamu yak? nanti minta bocoran jawabannya! hehehe!

    btw, kangen Thakiiiiiiiiiiiiiiiiiiiillllllllllllll……….!!

    ~~~~~~~
    “Sejauh mana kita harus mengerti, sebelum kita bisa menuntut untuk dimengerti?”

    sejauh mana? errr.. kalo aku pribadi, berdasarkan 3kesimpulan itu *yg mana akhirnya menjadi settingan standard kepalaku dalam MENGERTI orang lain* aku lebih pilih ga jauh2. kumpulin premis2 yg ada ttg org yg bersangkutan, olah di kepala, lalu kalo outputnya ga keterima di logika & nurani yaaa berhenti, berhenti mengerti orang itu. langsung switch ke mode MAKLUM.

    tiga hal yg kuyakin, setiap orang punya yg namanya ‘proses pembelajaran’, setiap orang BISA berubah, & setiap orang ‘dasarnya’ baik. selama proses itu yaaa CUKUP MAKLUMIN aja semua kelakuan dia, tapi kalo kamu ga tahan ya silahkan ditinggal, ga ada yg larang. seperti halnya ga ada yg maksa kamu tuh mengerti orang itu.

    lagian kalo emang kamunya MAU, ngertiin orang sejauh apapun tetep bakal dijabanin toh?! as sampel seperti kamu mau mengerti kelakuannya gilang. yeah, bisa toh sejauh itu?! :)

    *aih sedap ini balesan komen panjang aja sepanjang jalan kenangan kita kan selalu bergandeng tangan*

    cieee yg kangen gue.. yakien?!

    • bhiberceloteh says:

      haah, kalo urusan gilang mah udah ga tau deh mana yang mengerti, mana yang maklum, nyampuuurr..

      hahaha iya yak kayanya selama komen disini, ini balesan paling panjang.. hihii! Ho’oh, yaqin kangen, kangen masuk ke blog ini, apalagi baca rangkaian kata-kata balasan komen orang2 ala Si Thakil, tiada duanya! hihihihi..!

      ~~~~~~~
      kalo ma gilang pake rasa sih ye.. #disambitcinta #eaaa

      *ngebayangin apa jadinya kalo gue ada dua*
      *tiada dua itu tulisannya*
      *oh maap salah baca*
      #dibahas

  • usagi says:

    akiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii
    *pelukk*
    sekalinya nongol..panjang banget bahasannya..

    gw masih bingung ki konsep mengerti dan di mengerti..

    ~~~~~~~
    panjang ya? bukannya emang biasanya sepanjang itu?
    masih bingung? udah sepanjang itu masih bingung?
    *curiga lo bacanya screening doank kayak biasanya*

    • ais ariani says:

      huahahhahaha..
      misssi…
      *ngumpulin receh*

      hahahhahaha… sumpah gue ngakak total baca komen ini.

      dunia ideal itu adanya cuman di dunia ide, yang mana masing-masing orang beda. termasuk di dunia idealnya si kekasih partner. karena saat berbenturan dengan kenyataan, pasti deh si kekasih partner susah bertindak seperti apa yang dia ucapkan. dan lagi-lagi, kita harus MAKLUM kalau sikap dia gak se ideal ucapannya

      ~~~~~~~
      weh, sepertinya elo ngerti sekali dgn isi kepalanya kekasih si patner.
      hm.. jadi curiga jangan2 kenal ya? kenal dimana?
      oooo dunia sempit sekali.. #naritortor

  • nandini says:

    memaklumi rasanya hanya sedikit di atas mengetahui..
    mengerti sedikit di atas memaklumi..
    memahami sedikit di atas mengerti..

    biasanya, dari mengetahui akan lahir pertanyaan
    dari memaklumi akan lahir pembiaran
    dari mengerti akan lahir perbuatan
    dan dari memahami akan lahir pertolongan..

    *sepertinya sih* :mrgreen:

    ~~~~~~~
    jd, kapan daku ditolongin nand?
    #mintadipahami
    #dilemparsendalygada

  • nh18 says:

    Kilaaannn !!!

    I like the potoh peri mats …

    salam saya

    ~~~~~~~
    hayoooo..
    suka potonya apa suka modelnya om??
    #eh #disentilsiom
    salam saya juga om..

  • eyha4hera says:

    ooowwww…jadi nyang waktu itu nge-Sms ama nge-DM itu karena gue jadi 1 dari 10 responden yahh…

    * elus-elus jenggot kambing *

    ~~~~~~~
    drtd elus2 jenggot mulu.. seberapa panjang sih tuh jenggot?
    iyap yg dm n sms itu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading mengerti? dimengerti? at pethakilan.

meta

%d bloggers like this: